UA-84141831-1 Manfaat Tumbuhan Dalam Kehidupan Kita | kelinciku
Home » » Manfaat Tumbuhan Dalam Kehidupan Kita

Manfaat Tumbuhan Dalam Kehidupan Kita

Manfaat Tumbuhan Dalam Kehidupan Kita. Tumbuhan merupakan mahluk hidup yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Setiap hari kita makan nasi, buah-buahan dan sayur mayur yang merupakan contoh tumbuhan. Bahkan pakaian yanga kita kenakan setiap hari pun terbuat dari tumbuhan yaitu kapas. Tumbuhan adalah mahluk hidup yang sangat kita buruhkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Tidak terbayangkan bila tidak ada tumbuhan di dunia ini


Tumbuhan sangat kita butuhkan, tidak heran jika tumbuhan dapat kita temulan di berbagai tempat yang sangat berbeda kondisi lingkungannya. Dari mulai gurun yang sangat tandus hingga pantai yang basah kita dapat menemukan tumbuhan. Akan tetapi jenos tumbuhan di suatu tempat berbeda dengan jenis tumbuhan di tempat lain dengan kondisi lingkungan yang berbeda.
Banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di alam ini. Menurut penelitian para ahli jenis tumbuhan ada sekitar 260,000. Secara umum tumbuhan dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan biji. Pengelompokan ini untuk mempermudah dalam mengenal dan mempelajarinya. Tumbuhan berukuran raksasa yang pernah ada yaitu pohon sequioa di California yang memiliki tinggi hingga 83 meter. Ada pula yang berukuran sangat kecil seperti tumbuhan lumut yang hanya memiliki tinggi 1 cm saja.
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari tumbuhan diantaranya adalah
  1. Tumbuhan sebagai bahan pangan, banyak sekali tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Contohnya adalah padi, jagung, singkong, kentang, kedelai, cipir, ikan, daging, jambu biji, jeruk, tomat dan apel.
  2. Tumbuhan sebagai tanaman hias, tumbuhan ini memiliki bentuk dan warna yang indah sehingga memperindah lingkungan.
  3. Tumbuhan sebagai bahan baku bangunan dan mebel, contohnya adalah pohon jati, meranti, mahoni, rotan, dan pinus yang diolah sedemikian rupa menjadi peralatan rumah tangga dan kantor yang sangat berguna.
  4. Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan, tanaman yang dimanfaatkan untuk kesehatan misalnya jahe, kumis kucing, buah merah dan mengkudu.
Demikian artikel Manfaat Tumbuhan Dalam Kehidupan Kita. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 20:06
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 20:06

0 comments:

Post a Comment