UA-84141831-1 Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi | kelinciku
Home » » Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi

Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi

Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi.
Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi

Setelah kita belajar dan mengetahui tentang energi. Sekarag kita akan memperlajari dari mana energi itu berasal yaitu sumber energi. Sumber energi adalah benda yang dapat memberikan energi pada benda lain untuk melakukan suatu kegiatan.

Berikut adalah sumber energi yang ada di sekitar kita yaitu:

1.       Matahari

Matahari adalah sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi. Tidak ada benda yang dapat menghasilkan energi sebesar matahari. Matahari menghasilkan panas yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah mengeringkan pakaian basah dan menjemur padi.

2.       Air

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran air dapat menghasilkan energi seperti air terjun. Maka air terjun adalah sumber energi. Air terjun memiliki aliran air yang sangat beasar maka energi yang dihasilkan menjadi besar pula yang dimanfaatkan menggerakan kincir angin untuk menjadi pembangkit listrik tenaga air

3.       Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Angin meruapakan sumber energi. Manusia telah sejak lama memanfaatkan energi angin. Misalnya untuk menggerakan perahu layar dan kincir angin.

4.       Makanan

Mahluk hidup membutuhkan makanan untuk mengjhasilkan energi . Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diproses sedemikian rupa sehingga menjadi energi. Energi yang diperoleh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, bila tidak ada makanan maka kita akan terasa lemas karena tidak ada atau kurangnya energi untuk menggerakkan anggota tubuh.

5.       Minyak bumi dan gas

Kendaraan bermotor dapat bergerak bila terdapat bahan bakatr di dalamnya. Bahan bakar ini diperoleh dari hasil pengolahan minyak bumi. Macam-macam bahan bakar adalah bensin, solar atau minyak tanah. Minyak bumi merupakan fosil yang berasal dari timbunan hewan yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu.

6.       Listrik

Listrik merupakan sumber energi yang paling banyak di gunakan oleh manusia saat ini dalam aktifitas sehari-harinya. Barang-barang elektrronik harus memiliki  listrik dalam menggunakannya.


Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Sumber Energi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 18:40
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 18:40

2 comments: