UA-84141831-1 Makhluk Hidup Khas Yang Ada Di Indonesia | kelinciku
Home » » Makhluk Hidup Khas Yang Ada Di Indonesia

Makhluk Hidup Khas Yang Ada Di Indonesia

Makhluk Hidup Khas Yang Ada Di Indonesia. Indonesia memiliki jenis-jenis makhluk hidup untuk setiap daerahnya. Selain itu, flora dan fauna di Indonesia mempunyai kemiripan dangan Asia dan Australia. Hal ini disebabkan wilayah barat Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali yang termasuk Paparan Sunda pernah bersatu dengan Asia. Sementara wilayah timur seperti Lombok, Papua, Sulawesi dan Maluku pernah bersatu dengan benua Australia. Oleh karena itu flora dan fauna di daerah tersebut memiliki tipe yang sama. Batas penyebaran flora dan fauna Indonesia tersebut dikenal dengan garis Wallace dan Webber yang ditemukan oleh peneliti Inggris Alfred Russel Weber.
Indonesia menempati peringkat lima besar dunia dalam hal keanekaragaman tumbuhannya. Berikut adalah tanaman khas yang terdaapt di beberapa provinsi di Indonesia.
  1. Pinang merah (areca vatechu) tanaman khas provinsi Jambi
  2. Kayu manis (chinamomum burmani) tanaman khas provinsi Sumatera Barat
  3. Cengkeh (eugenia aromatica) tanaman khas Sulawesi Utara
  4. Cempaka kuning (michelia champaca) tanaman khas Aceh
  5. Matoa (pometia pinnata) tanaman khas Papua



Sementara itu keanekaragaman hewan di Indonesia pun sangat banyak yang dikelompokan dalam tiga wilayah yaitu wilayah barat, wilayah timur dan wilayah peralihan. Setiap kelompok memiliki ciri khas yang berbeda.
Wilayah Barat Indonesia. Mamalia yang berukuran besar, aneka ragam monyet dan kera, serta burung-burung yang memiliki suara merdu namun bulunya tidak seindah wilayah timur.
Wilayah Timur Indonesia. Memalia yang berukuran kecil, banyak hewan berkantung, tidak terdapat jenis kera, sertamemiliki burung dengan bulu yangsangat indah. Contohnya adalah seperti kanguru (dendrolagus ursinus), walabi (macropus agilis), kuskus (spiloeus maculatus), komodo (varanus komodoensis) serta burung cendrawasih (paradiseae sp).
Wilayah Peralihan meliputi sulawesi sampai kepulauan maluku. Jenis-jenis hewan yang terdapat di daerah ini adalah tarsius, maleo, anoa, dan babi rusa.
Demikian artikel Makhluk Hidup Khas Yang Ada Di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan kita berasma. Terima kasih
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 20:02
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 20:02

0 comments:

Post a Comment