UA-84141831-1 Indonesia Kita Yang Sangat Kaya | kelinciku
Home » » Indonesia Kita Yang Sangat Kaya

Indonesia Kita Yang Sangat Kaya

Indonesia Kita Yang Sangat Kaya. Indonesia memiliki banyak akan jenis-jenis tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya yang menjadikannya disebut sebagai negara megabiodiversitas yaitu negara yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Indonesia berada dalam posisi 6 0 Lintang Utara (LU) - 11 0 Lintang Selatan (LS) dan 95 0 – 141 0 Bujur Timur. Indonesia berada di daerah iklim tropis dan dilewati oleh garis khatulistiwa. Terletak di antara benua Asia dan Australia. Merupakan tempat pertemuan dua rangkaian pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania



Indonesia hanya memiliki sekitar 1,3 % dari total daratan dunia akan tetapi memiliki kekayaan hayati yang sangat besar. Diantaranya memiliki 10 % jenis tumbuhan bunga dunia, 12 % jenis mamalia dunia, 16 % reptil dan amfibi dunia, 17 % jenis burung dunia, serta 25 % jenis ikan dunia. Sebuah fakta yang luar biasa. Sangat beragamnya mahluk hidup di Indonesia tidak terlepas dari kondisi lingkungan nya yang juga beragam. Mulai dari laut yang sangat dalam hingga pegunungan sangat tinggi yang bersalju semua ada di Indonesia.
Selain itu sedikitnya 48 jenis ekosistem tercatat berada di Indonesia. Diantaranya adalah ekosistem rawa gambut, alpin di puncak Cartenz Papua, terumbu karang, hutan tropis daerah rendah, hutan tropis dataran tinggi, bakau atau mangrove dan jenis ekosistem lainnya. Bervariasinya ekosistem yang sangat luas ini menyediakan tempat untuk berbagai jenis mahluk hidup yang berbeda.
Kekayaan Indonesia yang sudah terkenal tersebut belum termasuk keanekaragaman serangga yang masih belum banyak diketahui di pedalaman Papua, Kalimantan, Sulawesi serta pulau-pulau kecil yang terhampar di negeri ini. Banyak makhluk hidup yang ada di Indonesia merupakan jenis makhluk endemik yaitu mahluk hidup yang hanya dapat ditemui di Indonesia saja, tidak ditemukan di daerah lainnya. Semua hal tersebut di atas tentu saja memberikan tanggung jawab yang besar sekali bagi kita untuk tetap menjaga keanekaragaman hayati yang sangat kaya ini.
Demikian artikel Indonesia Kita Yang Sangat Kaya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi pengetahuan kita bersama. Terima kasih
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 19:58
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 19:58

0 comments:

Post a Comment