UA-84141831-1 Teori Pelajaran Kewarganegaraan Kelas 3 SD – Harga Diri | kelinciku
Home » » Teori Pelajaran Kewarganegaraan Kelas 3 SD – Harga Diri

Teori Pelajaran Kewarganegaraan Kelas 3 SD – Harga Diri

Teori Pelajaran Kewarganegaraan Kelas 3 SD – Harga Diri. Semester 2 (dua)
Harga diri diartikan sebagai derajat kehormatan yang dimiliki oleh seorang manusia. Oleh karena itu harga diri menyangkut nilai kehormatan dan kepribadian seseorang. Harga diri merupakan kebutuhan setiap orang. Perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh harga diri. Harga diri membuat seseorang berusaha memperoleh peghargaan dari orang lain.

Orang yang bijaksana mampu menghargai diri sendiri. Ia mampu mengukur kelebihan dan kekurangan dirinya. Dengan demikian ia mampu manghormati dan menghargai orang lain. Setiap orang menginginkan harga dirinya dihormati orang lain. Harga diri seseorang dikatakan baik bila secara jujur menilai dirinya baik dan ada pengakuan dari orang lain yang menilai baik pula. Tetapi sebaliknya jika merasa dirinya jelek dan pengakuan orang lain jelek maka harg diri seseorang juga jelek.
Kita tidak boleh sombong datau mengagungkan diri sendiri. Jika demikian maka dianggap memiliki harga diri tinggi. Orang yang sombong selalu ingin menang sendiri dan melecehkan orang lain. Sifat inilah yang tidak boleh dicontoh. Harus diingat, kesombongan akan dapat menjerumuskan pada kesengsaraan. Namun kita juga tidak boleh rendah diri. Rasa rendah diri menunjukan harga diri yang rendah. Orang yang demikian ini tidak memiliki keinginan untuk memperbaiki diri, mudah dilecehkan dan diremehkan orang lain. Oleh karena itu kita harus dapat pandai pandai bersikap.
Harga diri di tunjukan dalam kehidpan sehari-hari. Perilaku yang baik mencerminkan harga diri yang baik. Perilaku tersebut antara lain menghormati dan menghargai orang lain, jujur, sopan santun, ramah tamah, senang menolong dan menbanru orang lain.
Harga diri seseorang, dihormati atau tidak dihormati orang lain tergantung dirinya sendiri. Bagaimanpun keadaaannya kita tetap lah manusia, mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki derajat dan martabat yang sama. Walaupun demikian , martabat manusia dapat berubah. Martabat yang tinggi harus dipertahankan dan dikebangkan. Hanya diri sendiri yang mampu mempertahankan martabat sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa.
Teori Pelajaran Kewarganegaraan Kelas 3 SD – Harga Diri. Semester 2 (dua)
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 18:12
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 18:12

0 comments:

Post a Comment