UA-84141831-1 Teori Pelajaran Kelas 3 SD | Energi | kelinciku
Home » » Teori Pelajaran Kelas 3 SD | Energi

Teori Pelajaran Kelas 3 SD | Energi

Teori Pelajaran Kelas 3 SD | Energi. Energi adalah keampuan untuk meakuka usaha. Enegi menyebabkan sesuatu berfungsi baik sebagaimana seharusnya. Maka dari itu segala sesuatu hanya dapat melakukan suatu kegiatan atau usaha bila memiliki energi. Enerti terdapat di sekeliling kita. Energi tidak  dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan. Akan tetapi energi dapat dirubah menjadi bentuk energi lain.

Bentuk-bentuk energi yang perlu kita yaitu:

1.    Energi panas

Energi panas adalah energi yang membuat benda dapat menghasillkan panas. Energi ini berasal dari benda yang memiliki suhu atau temperatur tinggi ontonya adalah matahari dan api. Energi panas dinamakan juga energi kalor. Panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan. Contoh penggunaan energi panas adalah panas matahari untuk mengeringkan cucian, panas dari kompor untuk memasak dan panas dari setrika untuk melicinkan pakaian.

2.    Energi gerak

Energi gerak yaitu energi yang  menyebabkan benda menjadi bergerak. Energi gerak disebut juga energi kinetik. Contoh di sekitar kita adalah kipas angin. Listrik menyebabkan kipas angin berputar. Oleh karena itu listrik menghasilkan energi gerak. Contoh lainnya yaitu kincir angin.

3.    Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dipancarkan oleh sumber cahaya seperti matahari, bintang, api atau lampu. Siang hari menjadi terang karena adanya energi cahaya dari matahari. Contoh lain adalah saat malam hari lampu memberikan energi cahaya untuk menerangi ruangan.

4.    Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik. Alat yang dapat menghasilkan energi listrik dinamakan sumber listrik. Contoh sumber listrik yaitu baterai, aki atau generator. Semua peralatan listrik di rumah kita dapat berfungsi bila ada energi listrik.

5.    Energi bunyi

Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oelh benda yang menimbulkan bunyi. Energi ini dapat dirasakan oleh telinga kita. Penyebab dari energi bunyi adalah akibat dari getaran sebuah benda.

Demikian artikel Teori Pelajaran Kelas 3 SD | Energi. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 17:53
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 17:53

0 comments:

Post a Comment