UA-84141831-1 Teori Pelajaran IPS Kelas 3 SD – Kegiatan Jual Beli | kelinciku
Home » » Teori Pelajaran IPS Kelas 3 SD – Kegiatan Jual Beli

Teori Pelajaran IPS Kelas 3 SD – Kegiatan Jual Beli

Teori Pelajaran IPS Kelas 3 SD – Kegiatan Jual Beli

Kegiatan jual beli terjadi karena terdapat perbedaan kebutuhan. Manusia tidak mampu menghasilkan sendiri segala kebutuhan hidupnya. Contohnya adalah seorang petani yang menghasilkan padi lalu dijual sehingga mendapatkan uang lalu uang tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan keluarganya seperti pakaian, lauk pauk atau gula dan sebagainya. Oleh sebab itu terjadi proses jual beli akan terus berlangsung selama kebutuhan manusia belum terpenuhi.
Tempat jual beli disekitar lingkungan rumah kita antara lain:

1. Warung
Warung adalah tempat untuk menjual kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras, gula,kopi, teh, abun, sampo, dan berbagai keperluan hidup sehari-hari lainnaya. Walaupun demikian jumlah barang dagangannya terbatas karena biasanya ukuran warung tidak begitu besar.

2. Toko
Barang yang dijual di toko biasanya lebih banyak dibandingkan dengan warung. Banyak toko yang khusus menjual satu macam barang saja. Seperti toko pakaian, toko listrik, toko beras dan lainnya. Ada pula toko yang ukurannya sangat besar yang disebut dengan toko serba ada atau toserba.
Harga barang toko sudah ditetapkan dan tidak dapat ditawar lagi. Terkadang toko memberikan potongan harga atau diskon untuk mengundang para pembeli datang.

3. Pasar
Pasar merupakan tempat bertemunya para pembeli dan penjual. Penjual merupakan orang yang menawarkan dan menjajakan dagangan. Sedangkan pembeli merupakan orang yang membeli dagangan.
Semua kebutuhan sehari-hari tersedia di pasar. Di dalamnya banyak terdapat kios-kios dengan aneka macam dagangan mulai dari sayuran, daging, baju, telur dan lain lain.

Berdasarkan sistem jual beli, pasar terbagi menjadi 2 macam:
a. Pasar tradisional
Pasar tradisional terdiri atas banyak penjual. Lahan yang ditempati relatif luas. Biasanya pasar terdiri dari beberapa gang atau los dengan kios-kios pedagang yang berderet. Di sini bisa terjadi tawar menawar harga antara pembeli dan penjual. Harga yang dibayarkan sesuai dengan kesepakatan. Kita dilayani dan membayar langsung kepada pedagang.

b. Pasar modern
Di pasar moedern tidak terjadi proses tawar menawar karena harga telah ditentukan oleh penjual. Kita membayar melalui kasir. Di pasar ini kita mengambil sendiri barang yang ingin kita beli sehingga disebut dengan swalayan. Tempatnya lebih nyaman namun harga yang ditetapkan lebih mahal dibandingkan pasar tradisional.

Disekolah pun terdapat tempat jual beli seperti kantin sekolah, toko buku atau warung dekat sekolah.
Teori Pelajaran IPS Kelas 3 SD – Kegiatan Jual Beli
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 18:21
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 18:21

0 comments:

Post a Comment