UA-84141831-1 Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi | kelinciku
Home » » Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi

Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi

Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi. Permukaan bumi yang kita tempati ini ditutupi oleh daratan dan lautan.
Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi

a. Daratan

Daratan adalah bagian dari permukaan yang tidak digenangi air laut. Sebagian besar dari daratan berbentuk benua. Benua yaitu daratan yang paling luas. Di bumi ini terdapat 5 benua yaitu asia, afrika, amerika, eropa dan australia. Indonesia terletak di benua asia. Setiap benua terbentang di atas bongkahan batuan yang amat luas atau lempeng. Lempeng ini bila bergeser lalu bertabrakan akan menimbulkan gempa bumi atau letusan gunung berapi.
Indonesia memiliki banyak pulau. Pulau adalah daratan yang paling kecil dan dikelilingi lautan. 5 pulau besar yang ada di negara kita adalah jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi dan papua.
Daratan mempunyai bentuk yang berbeda-beda sehingga terdapat beberapa bentuk daratan yaitu
  1. dataran tinggi = daerah datar yang terletak pada ketinggian 500 – 1500 meter di atas permukaan laut
  2. dataran rendah = daerah datar yang berada pada ketinggia 0 – 500 meter di atas permukaan laut
  3. Pegunungan = daratan yang paling tinggi
  4. Bukit = daratan tinggi namun lebih rendah dari gunung
  5. Lembah = daratan yang terletak di kaki gunung
  6. Sungai = daratan yang di tutupi oleh air
b. Lautan

Lautan daerah perairan yang sangat luas. Lautan terdiri dari
  1. Samudera = lautan yang sangat dalam dan luas
  2. Laut = daerah perairan yang dalam namun tidak seluas samudera
  3. Selat = daerah perairan yang diapit oleh 2 buah pulau
  4. Teluk = daerah perairan yang menjorok ke daratan
  5. Palung = jurang yang cukup dalam terdapat di lautan
Teori Pelajaran IPA Kelas 3 SD | Kenampakan Permukaan Bumi
Imasy Kamara
kelinciku Updated at: 18:20
Posted by: Imasy Kamara kelinciku, Updated at: 18:20

0 comments:

Post a Comment